3 Alasan Kenapa Anda Harus Paham Mengenai Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)

Posted on | Minggu, 23 Juli 2017 | No Comments

Tak bisa dipungkiri, cukup banyak orang yang “malas” berurusan dengan pajak, sehingga hal itu pula yang mendasari mereka untuk tidak mau memahami tentang pajak. Sebagai contoh, pada pajak penghasilan. Di dalam pajak penghasilan, ada istilah yang disebut dengan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).
Nah, tahukah Anda apa itu PTKP dan bagaimana penerapannya dalam perpajakan? Sebagian mungkin tahu, tapi kebanyakan tidak. Percayalah, penting bagi Anda untuk memahami secara baik mengenai PTKP. Berikut ini akan dijelaskan, empat alasan kenapa Anda harus paham mengenai PTKP.
kembar.id

  1. Sebagai Pengetahuan (Knowledge)
Jika Anda memiliki pengetahuan mengenai PTKP, maka memungkinkan Anda untuk mengestimasi berapa perkiraan penghasilan Anda yang tidak kena pajak. Ini sangat penting, karena jika Anda tidak paham, otomatis Anda tidak bisa memperkirakan besaraan PTKP yang berasal dari penghasilan Anda. Jika Anda paham, maka Anda pun bisa menjelaskan pengetahun tersebut kepada orang lain.
  1. Sebagai Pengawasan (Controlling)
Anda paham mengenai PTKP, Anda tahu persis berapa PTKP yang dihasilkan, ini bisa menjadi modal Anda untuk melakukan pengawasan. Pengawasan terhadap apa? Terhadap ketidaksesuaian yang mungkin saja dilakukan oleh pihak pajak.
Sebagai contoh, perhitungan Anda menyatakan bahwa Penghasilan Tidak Kena Pajak dari penghasilan Anda yaitu Rp5.000.000,-. Namun, menurut pihak pajak PTKP Anda hanya Rp3.000.000,-. Karena Anda memiliki perhitungan, Anda pun bisa mengklarifikasi mengenai ketidaksesuaian tersebut. Namun, bagaimana jika Anda tidak paham? Tentu akan sangat merugikan Anda. Anda tidak bisa selalu berkeyakinan bahwa pihak pajak selalu benar, mereka juga manusia yang tidak luput dari salah dan khilaf. Ya, kan?
  1. Menimbulkan Keingintahuan Lebih Mengenai Pajak
Ya, PTKP adalah bagian kecil dari pajak. Masih banyak bab-bab lainnya yang terdapat dalam pajak. Nah, jika Anda paham mengenai PTKP, setidaknya potensi untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai pajak, akan timbul secara alami. Sehingga Anda memiliki pegangan yang kuat mengenai perpajakan.
Itulah tiga alasan kenapa Anda harus paham mengenai Penghasilan Tidak Kena Pajak. Jangan “phobia” ketika mendengar kata “pajak”. Tidak ada yang menakutkan dari pajak. Bahkan, jika Anda paham mengenai pajak, termasuk PTKP, Anda sendiri yang akan diuntungkan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. So, what do you think after this?

Comments

Leave a Reply