Strategi Jitu Membeli Rumah Dengan Sistem Kredit

Posted on | Senin, 17 Juli 2017 | No Comments





Cara membeli rumah dengan sistem kredit atau KPR merupakan salah satu solusi yang sering dilakukan belakangan. Apalagi saat ini ada program kredit rumah tanpa DP yang bisa semakin memudahkan kamu untuk memiliki hunian pribadi. Meskipun begitu kegiatan kredit rumah ini tidak bisa kita pandang sebelah mata atau sepelekan begitu saja. Tetap ada hal – hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih lembaga keuangan atau bank untuk mengajukan KPR. Berikut strategi yang bisa kamu terapkan.

Selidiki Besar Bunga KPR
Besar bunga KPR atau Kredit Pemilikan Rumah dapat mempengaruhi jumlah angsuran yang kamu bayar setiap bulannya nanti. Sebaiknya pilih bank atau lembaga keuangan yang mematok nilai bunga yang paling tendah biasanya besaran paling rendah sekitar 3%. Namun kamu tidak boleh lantas terlena dengan godaan bnga rendah. Pastikan kamu mengetahui bagaimana perhitungan bunga yang akan terjadi. Minta table cicilan bulanan yang akan kamu terapkan dan sistem suku bunga yang dipakai.

Biasanya bank atau lembaga keuangan akan menetapkan fixed state atau bunga tetp selama beberap tahun pertama dan setelah itu baru floating rate atau bunga mengambang. Nah kenaikan atau kemungkinan penurunan bunga ini harus kamu ketahui perkiraannya. Agar kamu siap dan dapat memastikan bahwa besaran angsuran yang dikeluarkan selanjutnya tidak mempengaruhi kondisi keuanganmu.

Mencermati Waktu Pengajuan Kredit
Semua bank dan lembaga keuangan pembiayaan kredit memiliki proses pengajuan kredit yang berbeda  - beda. Ada yang memiliki persyaratan ketat dengan waktu yang lama untuk mendapatkan jawaban persetujuan, ada juga yang memiliki persyaratan longgat dengan waktu yang cepat. Bila kamu tidak ingin kehilangan kesempatan sebaiknya perhatikan hal ini dengan baik.

Perhatikan Jangka Watu Atau Tenor Kreditnya
Biasanya bank akan memberikan penawaran pinjaman untuk KPR paling lama hingga 15 tahun bahkan beberapa ada yang mencapai 20 than. Hal seperti ini tentu harus kamu sesuaikan dengan kondisi finansialmu saat mengajukan kredit. Semakin lama tenor yang kamu pilih tentu akan semakin ringan angsuran yang harus kamu bayar ke bank atau lembaga keuangan. Hal ini pun berlaku sebaliknya bila kamu memilih untuk tenor yang sebentar maka kamu harus bersiap untuk membayar angsuran yang lebih besar. Pastikan untuk membuat simulasi terlebih dahulu agar kamu mendapatkan gambarnnya.

Ketahui Besaran Plafon Kredit
Plafon kredit merupakan jumlah atau batasan pinjaman yang bisa kamu ajukan untuk kredit. Hal yang satu ini sangat penting bagi kamu yang memiliki dana terbatas untuk Uang muka atau DP ( Down Payment) atau bahkan bagi kamu yang berniat untuk kredit rumah tanpa DP. Pastikan untuk bertnya berapa p;afon yang diberikn oleh bank atau lembaga keuangan. Tentunya saat ini ada banyak lembaga keuangan dan bank yang menawarkan plafon dengan nominal yang berbeda – beda, mulai dari 80 % dan bisa lebih.

Siapkan Biaya Tambahan
Ketika mengajukan KPR, tidak sedikit masyarakat yang mengabaikan hal ini. Ketika mengajukan KPR kamu diharuskan untuk membayar biaya – biaya tambahn. Mulai dari pengecekan sertifikat, bea balik nama, biaya notaries hingg biaya asuransi jiwa dan kerugian kredit. Supaya kamu tidak terkejut dan kebingungan menghadapinya, siapkan biaya ini jauh – juh hari.

Jangan Lupakan Momen Promo
Bila kamu membeli rumah dengan tujuan untuk investasi. Jangan pernah terburu – buru untuk membeli properti yang satu ini untuk dapat kesempatan menarik. Ada waktu dimana pada pengembang dan developer memberikan cukup banyak promo dengan penawaran menarik. Umumnya hal ini dilakukan pada saat akhir tahun. Mulai dari potongan nilai jual, hingga nilai bunga yang rendah. Jangn lewatkan kesempatan untuk mengeluarkan uang lebih sedikit saat membeli rumah. Pastikan bila penawaran tersebut bukan hanya omongan atau usungan semata.

Perbanyak Informasi Dan Wawasan
Tidak hanya tidakan, persyaratan dan uang muka saja yang harus kamu pikirkan dan pedulikan. Jangan abaikan informasi dan wawasan seputar KPR. Terlebih lagi bagi kamu yang akan menempuh kredit rumah tanpa DP. Pastikan pahami terlebih dahulu proses dan langkah – langkah yang harus kamu lakukan. Kamu bisa mendapatkannya melalui beragam cara mulai dari membaca majalah, Koran, hingga media sosial dan artikel di blog dan website terpercaya. Pastikan kamu mendapatkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Karena saat ini tidak sedikit informasi yang beredar di dunia maya hanya hoaxatau bualan.

Semoga ulasan informasi diatas bisa menambah wawasanmu akan tata cara dan tips atau strategi yang bisa kamu terapkan saat membeli rumah melalui sistem kredit. Membeli rumah dengan teliti dan cermat, meskipun waktu yang keluar tidak sedikit, namun hasil yang kamu perleh tidak akan mengecewakan. Selamat berburu rumah !!!

Comments

Leave a Reply